Senin, 26 September 2011

Understanding Tenses (Part II)

Okelah, setelah lama jeda, kita sekarang geber sessi kedua, langsung membahas tiga tenses sekaligus. Yang simple – simple aja dlu biar kga puyeng. ^ ^ v
Ada 3 tenses simple di dalam bahasa Inggris, yaitu : past, present dan future. Yang present udah dibahas dengan sukses di bagian I, berarti tinggal yang Past dan Future.

Simple Past Tense


Okey, menurut gwa kga ada cara yg lebih bagus lagi utk ngjelasin Past Tense ini dengan analog ke Bahasa Indonesia. Watch this!

NOMINAL (Keadaan)

Saya sakit ------------------> I am sick.
Kemarin saya sakit-------->Yesterday I was sick

Bule2 pada sachkleg masalah waktu, jadinya ya gitu dehh,, masalah kalimat juga kudu dibedakan, bilang keadaan sakitnya itu kudu jelas kapan kejadiannya. Kalo sakitnya sekarang, to be-nya juga mesti to be yang mencirikan keadaan SEKARANG (pada contoh di atas, to be yang dipakai adalah ‘am’). Kalo sakitnya tu udah lewat bahkan 5 menit yang lalu, to be-nya juga kudu diganti ma to be yang udah kedaluarsa (Pada contoh di atas memakai ‘was’). Ngerti ora son?! Jadi simpulan awalnya, orang Indon pada cuek bebhek masalah waktu, dicampur – baurkan, bahkan udah jadi pepatah kalo di Amerika sono ada orang yang suka ngaret, mereka pada bilang ,”Anda makin mirip orang Indonesia sahaja!!”. HIDUP INDONESIA!! Kwkwkwkw.... v n__n v

Tapi, meskipun Indon kleatan ediot masalah waktu, masalah kesederhanaan, orang Amrik sono kalah jauh man! Ribet amat ngurusin to be. Ntu aja untuk SAYA mesti ditambahin AM, trus belon lagi subyek2 yang lain to be-nya beda2.. Harruhh... namanya aja Simple Tense, tapi koq semprul amat yak?? Ckckck..
America, Fuck You!!!

Whatever, ini dia daftar to be selengkapnya untuk simple past tense (NOMINAL)
WAS untuk I, SHE, He, dan IT -------------------------------> I WAS handsome. (artinya kurang lebih gini... : dulunya gue ngganteng, tapi sekarang udah acakhadut, blukutuq gitu dah... kwkwkw)
WERE untuk They, We dan You-------> They / We / You WERE clever. (artinya mirip ma yg di atas... dulunya pinter, tp karena suka maling ketimun jadi goblok gitu dah!!.... qiqiqi)

Inget juga, untuk subyek yg setara, misalnya Shinta, ya otomatis to be-nya sama dengan She yaitu WAS. You and me sama dengan We, jadi to be-nya adalah WERE. Gituuuuuu.....

VERBAL (Kegiatan)

Lagi2, untuk masalah kerja, Amerika dan sekitarnya menanag jauh ma Indonesia. Liatin neh!!

Saya belajar tiap hari-------------------> I study everyday.
Kemaren saya belajar ------------------> Yesterday I studied.

Liatin tueh, kata kerjanya malah berubah dari study menjadi studied, untuk nunjukin kegiatan belajarnya terjadinya udah liwat. Kita2 mah di sini nyante2 aja. Maunya belajar 80 taon yang lalu, mau sekarang..... kata kerjanya ya tetep aje BELAJAR! Gitu aja koq reppott.. xixixixixi...
Jadi intinya kalo dlm bahasa Inggris yang versi VERBAL, kata kerjanya itu berubah dari VERB 1 menjadi VERB 2. Yg perlu perhatian extra buat kamu2 mungkin kudu menyadari bahwa ada dua jenis VERB 2 di dalam bahasa Inggris. Ada yang beraturan (regular verbs), ada juga yang kagak (Irregular verb). Nambah ribet kahn???? So, mari kita bilang FUCK YOU sekalay lagi buat Amerika!! Xixixixi....
Pada kalimat di atas, kebetulan Verbnya regular, dari study ke studied, jadi cukup nambah –ed aja. Contoh yang lainnya misalnya:

Borrow menjadi borrowed
Enjoy menjadi enjoyed
Fix menjadi fixed, dll

Kalo yang irregular misalnya

Write menjadi wrote
Sing menjadi sang
Stand menjadi stood.....

Nah,lo!! Jadi makin beda jauh dari awalnya tokh?! La iya, kga ada jalan lain, mulai sekarang kudu rajin liatin kamus, untuk memastikan apakah kata kerjanya regular apa irregular. Biar kga salah kaprah, misalnya mau mbikin kalimat “Saya kemaren membaca buku” malah nulis “ Yesterday I readed a book”. Padahal bentuk VERB2 untuk read ya tetep aja read, cuman beda caranya ngebaca doank.
Hokkeh?!

Daaaaaannn..... seperti yang sebelumnya juga, untuk membuat bentuk negatif ma pertanyaannya, ada aturannya.

NOMINAL
1. Bentuk negatifnya cukup ditambahin NOT setelah was / were
I was lucky------> I was not lucky (atau kalo disingkat jadi I wasn’t lucky)

2. Bentuk pertanyaannya cukup tukar posisi antara subyek ma to – be-nya
They were smarrt ------> WERE they smart??

VERBAL

1. Bentuk negatifnya ditambahin kata DID NOT (DIDN’T) sebelum kata kerja, dan kata kerjanya KEMBALI MENJADI VERB 1
I studied last night ------> I DID NOT STUDY last night.
2. Bentuk pertanyaannya diawali oleh kata DID trus kelanjutannya seperti bentuk positifnya, cumaaaaaaa...... VERB2-nya KEMBALI KE VERB1.
I study last night------> DID you STUDY last night??

Hokkeh, lengkap sudah sessi untuk SIMPLE PAST TENSE. Yang Future nyusul ke Part III, OK?! ;)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...