Minggu, 16 Januari 2011

PESAN SUBLIM : DIKENALI UNTUK DIWASPADAI

Pesan sublim adalah kata – kata, gambar, atau suara yang mungkin kelihatan di iklan televisi , radio, tayangan TV maupun film, serta iklan dan lagu – lagu rekaman. Intinya, pesan sublime ini diperuntukkan bagi pikiran bawah sadar manusia (sub-conscious mind), sehingga tidak heran kalau pesan – pesan ini sering luput dari perhatian kita.
Logikanya demikian , ambillah contoh logo dari The National Geographic Channel.

Dari segi historis, pesan sublim sangat lazim ditemukan pada iklan – iklan (terutama di Negara – Negara industry) pada akhir tahun 1800-an hingga pertengahan abad ke-20. Pesan sublim yang menjadi teknik industri ini misalnya dengan menampilkan sekelebatan gambar yang dengan tanpa disadari oleh pemirsanya membujuk mereka untuk melakukan tindakan tertentu. Ada semacam kekhawatiran masyarakat akan bahaya dari tindakan ini. Umumnya mereka khawatir hal ini dapat membuat “otak mereka tercuci” oleh iklan – iklan dan propaganda. Karena itu, sekitar tahun 1970-an, Komisi Komunikasi Federal Amerika (Federal Communications Commission) melarang penggunaan pesan sublim ke dalam iklan dan media massa.
Namun, apakah pihak pengiklan, yang tentu saja memiliki insting untuk meraup keuntungan sebanyak – banyaknya – mau mematuhi peraturan dan kebijakan ini ? Jawabannya: TIDAK !!! Di mana terdapat kapitalisme dan industrialisme, di sanalah terdapat banyak pesan – pesan sublime, yang mencoba merayu kita untuk mengikuti produk, tren, pola, mode, dsb. Sejatinya, kita dikelilingi oleh pesan – pesan sublim, jika kita sedikit saja membuka mata lebih jeli. Ini beberapa contoh saja dari pesan sublim yang masih “hidup” hingga sekarang :

1.Coca – Cola

Logo Coca – Cola yang telah dicerminkan, secara mengejutkan membentuk sebaris tulisan Arab yang berarti “No Muhammad, No Mekkah” !!!


Selain itu, jika logo ini dilihat dari persfektif samping, logo terlihat membentuk gambar 2 kepala manusia, yang satu menghadap ke samping, dan yang di bawah terlihat seperti dalam posisi menghisap asap (stimulasi kepada setiap orang untuk menggunakan narkoba??) Siapapun yang merancang logo ini, layak diberi julukan sebagai Desainer Hipnotis Nomor Wahid.

2.Disney dan “Lion King” – nya

Animasi klasik Disney, “Lion King” memiliki banyak pesan – pesan tersembunyi yang kebanyakan berupa tulisan yang berbunyi “SEX.” Hmmm… Padahal dari segi genre, ini kahn tayangan untuk anak – anak dan remaja?! Apakah tujuannya?? Sebagian aktivis malah menduga Disney telah disetir oleh Masyarakat Rahasia (The Secret Society) untuk dapat merevolusi massa agar memiliki pola – pikir tertentu seperti yang mereka mau. Benar atau tidaknya hal ini, sepertinya perlu banyak analisa.

3. Mc Donald’s

Pernah terpikir kata apa yang terlintas di dalam benak Anda saat membaca slogan “I’m lovin’ it??” Satu saran : Make Love. Dan juga, sepertinya tidak kebetulan bila logo McDonald’s diatur sedemikian rupa, sehingga bila gambarnya diputar 90˚ maka jelas tertulis angka 13.
See??

Kira – kira apa maksud dari semuanya itu menurut Anda? Ya, berkebalikan dengan pandangan umum, sebagian orang percaya angka 13 malah membawa keberuntungan. Sihir kuno di Amrik sana banyak berhubungan dengan angka 13 ini.

4.Obama dan Slogan-nya

Mengapa Obama memenangkan “pertempuran” Pemilu Presiden Amerika ?? Usaha gigih dan kerja keras?? Yepp, itu sangat benar. Tapi perhatikan motto yang selalu dia katakan saat masa kampanye, “Yes We Can!.” Tahukah Anda bila kalimat itu direverse (diucapkan terbalik) maka samar – samar akan terdengar kalimat aneh “Thank You Satan”?? Kalau masih ragu, cek sendiri di sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...