Senin, 24 Januari 2011

27 CLUB : MUSISI KONDANG YANG MENINGGAL PADA USIA 27 TAHUN

it’s better to burn out than to fade away



27 Club adalah nama grup yang berisikan pesohor rock dan blues yang meninggal pada usia 27 tahun. Klub ini sering juga disebut Forever 27 Club. Mungkin, klub ini menjadi terkenal karena yang masuk ke dalam daftar adalah nama - nama tenar seperti Kurt Cobain, Jim Morrisson, Jimi Hendrix dan Janis Joplin. Kenyataannya, banyak musisi kenamaan juga meninggal pada usia 27 tahun selain mereka.

Berikut adalah beberapa nama kondang yang mewakili Club 27 :

1. Jim Morrison
James Douglas Morrison, "The Lizard King" meninggal pada tanggal 3 Juli 1971 akibat gagal jantung setelah sebelumnya mengalami tekanan sistem pernafasan akut. Dia lahir pada tanggal 8 Desember 1943 di Melbourne, Florida, Amerika. Dia adalah frontman grup rock The Doors. Single mereka yang terkenal antara lain: Break on Through, Light My Fire, The Unknown Soldier, The Crystal Shipsdan When The Music's Over.

2. Kurt Cobain
Kurt Donald Coba meninggal pada tanggal 8 April 1994 bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri.Dia lahir pada tanggal 20 Februari 1967 di Hoquiam, Seattle, U.S. Dia adalah vokalis dan gitaris grup grunge Nirvana yang banyak menciptakan hits macam Smells Like Teen Spirit, Come As You Are, Pennyroyal Tea dan Heart Shaped Box

3. Jimi Hendrix
James Marshall Hendrix (aka Jimmy James) meninggal pada tanggal 18 September 1970 setelah menenggak barbiturat dosis tinggi dan tenggelam dalam muntahannya sendiri. Dia lahir pada tanggal 27 November 1942 di Seattle, Washington, Amerika dengan nama Johnny Allen Hendrix. Dia adalah pemain gitar handal (sebagian besar musisi malah memujanya sebagai Sang Dewa Gitar) dan pada awal karirnya bermain untuk Jimmy James and Blue Flames, untuk kemudian membentuk grupnya sendiri, The Jimi Hendrix Experience. Gaya permainannya klasik dan sarat improvisasi yang sangat rumit namun menawan, sulit dicarikan tandingannya bahkan hingga saat ini. Karyanya antara lain : I Don't Live Today, Foxy Lady, Stone Free, dan The Band of Gypsies. Selain bersolo karir, dia juga pernah berkolaborasi dengan musisi handal lainnya sepereti Little Richard, King Curtis,dan The Isley Brothers

4. Janis Joplin
Janis Lyn Joplin lahir pada tanggal 4 Oktober 1970. Dia meninggal pada tanggal 19 Januari, diduga akibat overdosis heroin. Rocker wanita yang oleh Jim Morrison diberi julukan "The Iron Soul" ini lahir di Port Arthur, Texas, Amerika. Dia adalah vokalis Big Brother and The Holding Company. Singlenya yang terkenal adalah Piece of My Heart, The Kozmic Blues Band famous for, Try Just a Little Bit Harder, The Full Tilt Boogie Band who did Me dan Bobby McGee.

5. Brian Jones
Brian Jones adalah penggagas grup band The Rolling Stones. Dia adalah seorang gitaris dan sekaligus multi-instrumentalis. Kebiasaannya mengkonsumsi obat - obatan terlarang dan alkohol membuat dia didepak dari band yang dia besarkan sendiri. Satu bulan pasca dikeluarkannya dia dari Stones, dia ditemukan tertelungkup kaku di kolam renang rumahnya.

6. Richey James Edwards
Richey adalah lirikus dan vokalis Manic Street Preachers. Dia menghilang begitu saja, dan dianggap meninggal pada tanggal 23 November 2008.







Musisi lainnya yang juga "layak" masuk daftar 27 Club ini adalah Ron "Pigpen" McKernan (personel keyboardis dan vokalis yang mendirikan the Grateful Dead),Jesse Belvin (kecelakaan mobil), Arlester "Dyke" Christian (ditembak), Peter Ham (Badfinger)(Gantung diri), Alexander Bashlachev (melompat dari gedung bertingkat), Maria Serrano Serrano (tabrakan pesawat), Valentín Elizalde (dibunuh), Mia Zapata (The Gils) (dipukul, diperkosa, lalu dibunuh).

(taken from WikiPedia and other sources)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...