Rabu, 11 April 2012

Shri Rama Lahir Tanggal 10 Januari 5114 SM

Lord Rama lahir tepatnya pada tengah hari tanggal 10 Januari 5114 SM. Di dalam kalender Hindu, hari itu adalah hari kesembilan puluh dari Shukla Paksha bulan Chaitra. Penanggalan ini bisa ditemukan di dalam buku ;Dating the Era of Lord Rama’ karya Shri Pushkar Bhatnagar. Seberapa akuratkah data ini? Kedengarannya sedikit mengada – ada...

Menurut buku tersebut, data itu didapatkan dengan memasukkan konfigurasi planetaris pada saat kelahiran Lord Rama seperti yang disebutkan di dalam kitab Ramayana karya Walmiki, ke dalam software bernama Planetarium Software. Yang menarik adalah, pada waktu dan saat yang sama setiap tahun, peringatan hari kelahiran Lord Rama ini telah diadakan secara rutin. Perayaan ini bernama Ram Navmi.

Di dalam naskah asli Ramayana karya Walmiki, sementara menyebutkan mengenai kelahiran Lord Rama, Walmiki sendiri hadir di istana Dasarata dan menuliskan peristiwa itu di dalam bagian kitab berjudul Bala Kanda.

Setelah melengkapi ritual ini, enam musim telah berlalu dan pada bulan kedua – belas, hari kesembilan bulan Chaitra, saat dewa yang menguasai hari adalah Aditi, di mana bintang yang berkuasa pada hari itu adalah Punarvasu, dan saat lima dari sembilan planet, yakni Matahari, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Venus berada di posisi tertingginya, saat Jupiter dan Bulan terbit di Cancer, dan saat hari meninggi, Ratu Kausalya melahirkan seorang anak laki – laki beserta atribut – atribut-Nya seperti mata semerrah padma, lengan yang panjang, bibir merekah seperti bunga mawar, suara seperti tabuh genderang, dan mengambil kelahiran dari garis dinasti Ikshvaku, Yang dipuja seluruh isi dunia, dan penjelmaan Vishnu yang terberkati, bernama Rama. [1-18-8,9,10,11]

Selanjutnya, buku yang sama juga mencantumkan bahwa Lord Rama meninggalkan Ayodya pada saat Dia berusia 25 tahun. Dengan cara yang sama, tanggal terbunuhnya Rahwana adalah 4 Desember 5076 SM. Shri Rama menyelesaikan 14 tahun masa pengasingan – Nya di hutan pada tanggal 2 Januari 5075 SM. Hari itu adalah Navami dari Shukla Paksha di bulan Chaitra. Oleh sebab itu, Shri Rama telah kembali ke Ayodhya saat Dia berusia 39 tahun.

Saat kita berusaha membuktikan tanggal kelahiran dari ikon Hindu, harus dimengerti bahwa ikon – ikon ini jarang tidak memperhitungkan kelahiran dan kematian. Melalui Sanathana Dharma mereka mengajarkan kita untuk bangkit melampaui kelahiran dan kematian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...